» » Orang Bule Lebih Suka Produk Ramah Lingkungan

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menghimbau seluruh pengrajin kerajinan Indonesia agar menghasilkan produk kerajinan yang ramah lingkungan alias go green.

"Negara maju tidak hanya bisa mengapresiasi keindahan, inovasi, kreativitas, tapi juga mereka sekarang sudah lebih bisa mengapresiasi terhadap hal-hal yang sangat ramah lingkungan. Makanya saya sangat sepakat mengambil tema go green," kata Gita saat menghadiri acara Inacraft Award 2013 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu petang, (27/4).

Menurutnya, warga negara maju yang menjadi pangsa pasar utama produk kerajinan Indonesia, seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Jerman, dan Australia, sangat mengapresiasi produk go green.

Bahkan, imbuh dia, bagi warga negara perekonomian maju tersebut, mereka mau membayar 2 sampai 3 kali lipat untuk mendapat barang atau kerajinan yang ramah lingkungan tersebut.

"Kalau jualan produk go green, kalau produk itu menggunakan teknologi atau produksi yang organik, apapun itu, sangat diapresiasi oleh negara perekonomian maju, sehingga mereka tidak peduli kalau mereka harus membayar 2 atau 3 kali lipat harganya, selama produk yang diproduksi itu sangat ramah lingkungan, sangat mengutamakan paradigma organik," bebernya.

Menurutnya, ini harus dijadikan peluang untuk meningkatkan ekspor ke sejumlah negara dengan menawarkan produk kerajinan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan.

Selain itu, Gita menghimbau pengrajin handicraft memperhatikan kualitas, yakni menerapkan mutu yang tinggi agar produk bisa berdaya saing di tengah persaingan pasar yang super ketat.

"Peningkatan nilai ekspor ke sejumlah negara diharapkan tetap dijaga dan lebih ditingkatkan lagi, dengan memotivasi pengrajin dan pengusaha memproduksi kerajinan yang berualitas tinggi," imbaunya.

Hal tersebut merupakan keniscayaan. Pasalnya, kita menyadari, dengan perkembangan dan diberlakukannya perdagangan bebas, maka semakin meningkat pula tuntutan konsumen terhadap satu produk.

Selain itu, diberlakukannya pedagangan bebas juga menjadikan semakin tingginya persaingan antar produk, antar negara, antar ekonomi, antar zona ekonomi, antar benua, terutama antar harga, kualitas, desain, dan lainnya.(***)

About Unknown

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply